Terkendala Pandemi, HMPS TP Tuntaskan Prokernya

Acara tahunan Musyawarah Besar (Mubes) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tasawuf & Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD), Institut Agama Islam Nergeri Surakarta (IAIN) Surakarta berjalan dengan lancar (17/02). Mubes HMPS TP tahun ini mengusung  tema “Regenerasi Kepemimpinan dalam Upaya Melahirkan Kepengurusan HMPS Tasawuf & Psikoterapi  yang Ideal dan Loyal”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung C Ruang 204 yang dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta yang menghadiri acara tersebut antara lain, delegasi ormawa dari HMPS, DEMA, SEMA, dan Mahasiswa aktif FUD.

Ketua HMPS TP 2020, Aji Gunawan, menyatakan program kerja yang telah terlaksana secara garis besar ada tiga yaitu, seminar online yang diadakan pada awal pandemi mengusung tema “Elaborasi Tasawuf dan Psikologi dalam Menyikapi Covid 19 di Bulan Ramadhan” dengan narasumber Ahmad Saifuddin, M.Psi. selaku dosen FUD IAIN Surakarta.

Kedua seminar nasional dengan narasumber Budiman Sudjatmiko, M.Sc., M.Phil. ketua umum innovator 4.0 Indonesia, dan Ahmad Hafidh, S.Ag., M.Ag., dosen FUD IAIN Surakarta dengan mengusung tema “Peningkatan Spiritual Menuju Kebahagiaan Kehidupan Sejati di Era Revolusi Industri 4.0”. Acara tersebut diselenggarakan secara daring melalui zoom meting.

Ketiga, Psikoterapi Islami dengan metode sufi healing. Kegiatan tersebut bertempat di Pendopo IAIN Surakarta bersama Dr. KH. Syamsul Bakri, M.Ag. Sufi healing merupakan pengobatan ala sufi, yang mengkolaborasikan antara tasawuf reiki, hipnoterapi, dan rukiah. Tasawuf sendiri ialah ajaran dalam islam dan reiki  berasal dari Jepang yang berarti tenaga alam.

Selama masa menjabat kendala yang dihadapi Aji diantaranya adalah pandemi, sinyal, jarak, dan perbedaan waktu. Ada kegiatan yang belum terlaksana yaitu pengenalan tari sufi untuk mahasiswa baru. Namun, ia mengaku kinerjanya cukup baik, walaupun banyak kendala tetapi masih bisa menyelenggarakan acara yang besar.

Terkait sumber dana dalam acara mubes tahun ini berasal dari sisa dana kepengurusan tahun lalu. LPJ juga tidak akan dibagikan seperti tahun sebelumnya, “LPJ tidak dibagikan, biasanya hasil yang akan di share adalah ketua yang terpilih” ucap Aji Gunawan.

Ada tiga calon ketua HMPS TP, diantaranya Ovi Andarischa, Isnaini Nurul Hakim, dan Dhari’ah Nurul. Hingga Mubes selesai ketua HMPS TP 2021 yang terpilih adalah Isnaini Nurul Hakim. Ketika Locus hendak mewawancarai ketua terpilih, ia menolak diwawancarai tanpa alasan yang jelas. “Waduh maaf mbak saya tidak bisa,” ucapnya, kemudian melenggang pergi bersama temannya.

Aji berharap meskipun masih dalam keadaan pandemi kreativitas harus tetap diutamakan, program harus terlaksana, baik melalui daring maupun luring, harus pintar-pintar dalam berkreasi. Dewi Kurniawati delegasi mahasiswa semester 4 juga menungkapkan harapan kedepanya, “Semoga semakin erat hubungan kekeluargaan dari mahasiswa TP semuanya,” ucap Dewi.

Reporter : Lisyaa, Denies

Penulis : Lisyaa

Editor : Denies, Elsa

Redaktur Pelaksana Online : Nurul

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *