Sumpah Pemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia

Sumpah Pemuda yang telah terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya berperan untuk menggerakkan pemuda Indonesia dalam meraih kemerdekaan, tetapi juga membentuk suatu jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negarayang kuat. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati para pemuda Indonesia. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian disatukan menjadi sebuah komitmen semata untuk memperjuangkan kemerdekaan negeri ini.

Semangat Sumpah Pemuda mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 ketika Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sejak saat itu, Indonesia yang terdiri atas berbagai etnis, agama, dan golongan, menjadi suatu bangsa yang bersatu dan merdeka. Kemerdekaan memberikan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Semangat Sumpah Pemuda harus tetap ada setelah kemerdekaan bangsa Indonesia diraih. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan hancur apabila bangsa Indonesia tidak lagi memiliki semangat bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, yaitu Indonesia. Semangat Sumpah Pemuda dapat dilihat dari ikrar yang telah dibuat oleh para pemuda kala itu, berikut ikrar serta makna yang terkandung didalamnya :

A. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia.
Nilai ini menggambarkan mengenai betapa indah dan luasnya negeri ini. Wilayah Indonesia adalah seluruh wilayah daratan dan lautan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, mempunyai luas 5.193.250 km, wilayah yang sangat luas tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara besar ke-7 di dunia. Menurut letak astronomi, Indonesia terletak pada 6° LU (Lintang Utara) 11° LS (Lintang Selatan) dan antara 95° BT (Bujur Timur) -141° BT (Bujur Timur). Dahulu kala, Indonesia disebut sebagai Nusantara, Nusantara berarti kepulauan yang terpisahkan oleh lautan. Hal tersebut dikarenakan jumlah kepulauan yang dimiliki oleh Indonesia secara resmi di PBB sebanyak 13.466 pulau. Dari luasnya bangsa Indonesia ini, tersebar dari Sabang sampai Merauke, Indonesia tetaplah satu, yaitu bertanah air Indonesia.

B. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia.
Rasa berkebangsaan yang tumbuh dalam diri setiap warga negara Indonesia merupakan bentuk dari paham kebangsaan. Rasa kebangsaan Indonesia tumbuh dari sejarah panjang bangsa. Semua itu berawal dari rasa ingin bersatunya antar penduduk yang mempunyai latar belakang yang sangat majemuk, kemudian berkembang menjadi keyakinan untuk menjadi satu bangsa utuh, yang akhirnya di deklarasikan oleh sejumlah pemuda pada saat Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Nilai ini juga menyatakan mengenai makna dari semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua, yakni bangsa Indonesia. Maksud dari semboyan tersebut ialah meskipun terdiri dari beragam agama, suku, budaya, dan adat istiadat, tetapi rakyat Indonesia merupakan satu kesatuan yakni bangsa Indonesia.

C. Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Selama masa perjuangan kemerdekaan, bahasa Indonesia berhasil menjadi alat komunikasi untuk membangkitkan dan menggalang semangat kebangsaan dan semangat perjuangan dalam negeri yang beragam ini.

Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan sebagai bahasa resmi dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara dan pemerintahan, tetapi juga sebagai bahasa pengantar pada jenis dan jenjang Pendidikan yang ada di Indonesia ini. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara masih harus terus dijaga dan dikembangkan.

Penulis : Nurul F.
Editor : Denies V.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *