Setelah Sebelumnya Batal, Divisi ER & T Formasi Angkatan 2020 Sukses Laksanakan Proker Perdananya

Divisi ER & T (Education, Resource And Talent) Formasi IAIN Surakarta angkatan 2020 menyelenggarakan webinar kepenulisan dengan tema: “Membangkitkan dan Melatih Potensi Mahasiswa Dalam Menulis Essay” pada Selasa, 23 Mei 2021 melalui platform digital Zoom Meeting. Webinar kepenulisan ini diikuti oleh 140 Mahasiswa Bidikmisi-KIP Kuliah IAIN Surakarta angkatan 2020. Acara ini mendatangkan pemateri dari lingkungan IAIN Surakarta sendiri yaitu Andi Wicaksono, S. Pd., M. Pd. yang merupakan Dosen Bahasa Indonesia di IAIN Surakarta.

Nur Aini Sekar Pitaloka (PBI 20) selaku Ketua Divisi ER & T menyebutkan bahwa proker kepenulisan ini merupakan proker yang pertama kali berhasil direalisasikan setelah sebelumnya batal melaksanakan proker Hari Kartini yang terkendala oleh faktor pendanaan. “Seminar ini proker pertama yang berjalan, sebelumnya sudah ada proker yang disiapkan, tapi tidak dapat dilaksanakan karena terkendala pendanaan,” terangnya.

Nur Aini atau yang kerap di sapa Ocha ini juga menjelaskan pentingnya webinar kelas kepenulisan esai bagi mahasiswa khususnya Mahadiksi IAIN Surakarta angkatan 2020 sebagai panduan untuk mengerjakan tugas menulis esai yang diberikan oleh dosen. Nur Aini mengatakan, ”Pelatihan ini sangat penting bagi mahasiswa, karena menulis esai merupakan hal yang sangat sering dibahas dan dijadikan sebagai tugas dari dosen untuk mahasiswanya”.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa mempelajari esai merupakan hal yang penting, karena esai sering dijadikan sebagai ajang perlombaan dan persyaratan untuk pengajuan beasiswa. “Tidak jarang juga esai dijadikan ajang lomba bagi mahasiswa dan salah satu syarat untuk beasiswa bagi mahasiswa.” tambahnya.

Andi selaku pemateri menjelaskan beberapa poin pembahasan seputar esai yaitu, mengenai pentingnya menetapkan tujuan untuk apa menulis esai, pengertian esai, karakteristik dari esai, syarat menjadi seorang esais, cara menyeleksi dan menetapkan ide, menetapkan topik secara spesifik, memilih judul yang menarik pembaca, serta cara untuk merumuskan tesis secara ringkas. Dalam salah satu pembahasannya ia menjelaskan bahwa dalam menulis esai, seseorang harus banyak membaca. “Kalau ingin menjadi penulis, maka anda harus membaca,” ujarnya.

Dosen sekaligus Penulis buku ‘Bahaya Facebook’ tersebut juga merekomendasikan sebuah buku berjudul ‘Inilah Esai: Tangkas Menulis Bersama Para Pesohor’ karya Muhidin M. Dahlan yang dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi pemula yang ingin terjun ke dunia tulis menulis esai.

Selain itu, Sri Handayani (PAI 20) selaku ketua panitia acara menjelaskan alasan memilih tema webinar seputar esai, karena mahasiswa sekarang ini sering menemukan berbagai kesulitan dalam menulis esai dan cara mengembangkan ide menulis. “Kami memilih tema ini, karena mahasiswa sering kesulitan dalam mengenali ciri-ciri atau struktur penulisan esai maka dari kami mengambil tema esai,” jelasnya.

Ia berharap agar peserta yang mengikuti webinar ini dapat mengambil sari ilmu dan dapat diterapkan dengan baik dalam pelaksanaannya. “ Harapan saya setelah diadakan kelas kepenulisan ini semoga teman-teman yang mengikuti acara ilmunya bermanfaat dan semoga bisa diterapkan sesuai harapan.”

Penulis : Syafira
Editor : Elsa L
Redpel : Nurul F

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Setelah Sebelumnya Batal, Divisi ER & T Formasi Angkatan 2020 Sukses Laksanakan Proker Perdananya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *