Semnas Bela Negara Wujudkan Mahasiswa yang Kritis

SUKOHARJO– Seminar Nasional (Semnas) Pelatihan Bela Negara yang diadakan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Surakarta merupakan salah satu cara institut untuk menciptakan mahasiswa yang kritis dan peduli pada lingkungan sekitarnya. Seminar Nasional ini mengangkat tema “Peran Mahasiswa dalam Bela Negara Guna Memperkuat Ukhuwah” dan berlangsung pada Jum’at (01/11) bertempat di Aula Pendidikan Profesi Guru.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. H. Mudhofir, S. Ag., M. Pd yang merupakan rektor IAIN Surakarta. Seminar ini menghadirkan Latif Ainun Yaqin, SE. MM. selaku pembicara, beliau adalah Kepala Kemenhan Jawa Tengah. Kurang lebih ada 60 mahasiswa dari semester 1 – 5 hadir dalam acara ini.

“Mahasiswa sebagai agen of change, perlu dikenalkan pada isu – isu radikalisme dan macam – macam penyimpangan sosial, supaya bisa menanggulangi dan memberikan solusi terhadap masalah – masalah tersebut. Lewat Seminar Nasional dan Pelatihan Bela Negara ini diharapkan, para mahasiswa, khususnya mahasiswa baru bisa mengerti tentang pentingnya bela negara.” Ujar Anisa (21), yang merupakan salah satu panitia acara ini.

Menurut Ken Setiyawan yang merupakan mantan narapidana kasus terorisme, yang sekaligus menjadi pembicara dalam acara ini menyatakan, perekrutan paham radikal bisa dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai pendekatan, bahkan dimana saja tidak terkecuali di tempat – tempat umum. Untuk itu kita harus waspada dan berhati – hati.

“Tema dari seminar ini sangat menarik, apalagi untuk generasi milenial. Mengingat sekarang banya kasus perselisihan/ kerusuhan di negeri kita sendiri, di seminar ini kita dapat belajar bagaimana sih peran kita sebagai seorang mahasiswa dalam upaya memperkuat ukhuwah. Harapan saya semoga kita bisa menerapkan hal – hal baik seperti yang telah disampaikan oleh para narasumber” Ujar Nurhidayati (19), salah satu peserta seminar.

Selain Seminar Nasional, terdapat rangkaian acara yang lain, yaitu Pelatihan Bela Negara yang akan diadakan tanggal 1 – 3 November bertempat di Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti, Klaten.

Penulis: Suci Wijayanti, dkk

Editor: Yuni Firdaus

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *