Rayakan Milad Ke-4, Prodi BSA IAIN Surakarta Adakan Festival Khazanah Arab

Salah satu peserta FIKAR

SUKOHARJO– Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Surakarta kembali mengadakan Festival Khazanah Arab atau yang biasa disebut FIKAR dalam rangka memeringati milad ke-4nya. Event ini merupakan event FIKAR kedua, menyusul event serupa pertama yang pernah diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan BSA. Mengusung tema Sejuta Ekspresi Sebagai Potensi Pengembangan Bahasa Arab, acara ini berlangsung di halaman gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT).

Seperti disebutkan humas panitia, Ani Andayani, acara ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 30 sampai dengan 31 Oktober 2019. Acara yang diselenggarakan untuk umum ini terdiri dari beberapa lomba seperti debat bahasa Arab, Ghina’ atau menyanyi, baca puisi, pidato, dan membaca berita. Semua jenis lomba tersebut dilombakan dalam bahasa Arab.
Para peserta dikelompokkan dalam tiga kategori yaitu kategori umum untuk lomba baca puisi dan Ghina’ bahasa Arab, kategori mahasiswa untuk lomba debat dan membaca berita bahasa Arab, dan kategori SMA untuk lomba pidato bahasa Arab. Adapun juri merupakan dosen dan alumni jurusan Bahasa dan Sastra Arab IAIN Surakarta. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan sejumlah tiga puluh satu talkshow kebahasaan.

Menurut data panitia, peserta terjauh datang dari IAIN Purwokerto. Salah seorang peserta lomba baca berita, Hanifah, mengaku amat senang mengikuti lomba tersebut. “Lomba ini berguna untuk melatih kepercayaan diri, karena yang terpenting pede (percaya diri –red) itu nomor satu, menang itu nomor ke-seratus,” katanya ketika di wawancarai pada Rabu (30/10). Dirinya juga menambahkan bahwa lomba kali ini cukup menantang, “Saingannya wow semua.” pungkasnya.

Penulis: Bening S.Biela

Reporter: Laras

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *