PSIKOTEST & KONSELING GRATIS

SUKOHARJO- Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam (HMJ BKI) menyelenggarakan kegiatan Psikotest dan Konseling Gratis sebagai salah satu rangkaian acara Islamic Conseling Fair #3 di Graha IAIN Surakarta (21/11).

Acara ini sudah diadakan sejak tahun 2017 dan diadakan setiap tahunnya sebagai kegiatan rutin di masa penghujung kepengurusan HMJ BKI dan biasanya diadakan pada bulan November. Kegiatan Psikotest dan Konseling ini dibuka untuk masyarakat umum, mahasiswa IAIN Surakarta dan mahasiswa dari universitas lain.

“Kalau mau konseling gratis, harus melakukan psikotest dulu. Jadi kita bisa tahu permasalahan yang dihadapi. Ada beberapa tes yang harus diikuti, diantaranya tes kepribadian, tes ketegangan, tes kecemasan, dan tes karier. Nah kalau kita udah punya data, konselingnya tuh enak. Jadi konselingnya tuh bukan hari ini, tetapi setelah hasil tesnya keluar dan akan dilakukan pada hari senin dan selasa di BKPT (Badan Konseling Psikotest Terpadu). Untuk hari ini hanya khusus psikotest saja.” Tutur Nunuk selaku ketua pelaksana acara.

Kendala yang dihadapi acara tersebut adalah kurangnya antusias dan kepengetahuan masyarakat luar tentang acara ini, dan beberapa universitas yang telah diundang untuk mengirimkan delegasi namun tidak bisa datang untuk ikut berpartisipasi. HMJ BKI berharap kegiatan seperti ini dapat terselenggarakan di tahun-tahun selanjutnya dan lebih baik.

“Semangat, tetap istiqomah dalam menjalankan kebaikan, dan semoga bisa mengadakan konseling fair yang lebih meriah lagi.” Harapan Maudi, mahasiswi semester 5 prodi BKI yang mengikuti kegiatan psikotes dan konseling.

Penulis: Denies Verawaty

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *