PPKM Diperpanjang Sidang Senat Terbuka Tetap Dilaksanakan

Di tengah-tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana & Magister Ke-47 UIN Surakarta tahun 2021 dilaksanakan pada Selasa, 24 Agustus 2021 di Gedung Graha secara daring dan luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pandemik COVID-19 tidak membatasi kegiatan ini karena masa pandemik COVID-19 secara tidak langsung mengajarkan kita menjadi manusia yang tangguh dan tegar baik secara mental maupun emosi. Masa pandemik juga secara tidak langsung membuat kita adaptif terhadap perubahan yang ada,” ucap Prof. Dr. H. Mudhofir, S.Ag., M.Pd. selaku Rektor UIN Surakarta.

Dengan tema “Mengisi Kemerdekaan Melalui Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Islam”, dikarenakan sidang senat dilaksanakan bebarengan dengan kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Oleh karena itu, diharapkan dapat membangun dan mengisi kemerdekaan dengan damai dan leluasa sebagai lembaga yang sedang beralih status dari IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Prof. Dr. H. Mudhofir, S.Ag., M.Pd., selaku Rektor UIN Surakarta mengatakan bahwa ada 4 bidang yang terus menerus ditingkatkan yaitu pertama, tata kelola yang bermutu. Kedua, sumber daya manusia yang bermutu. Ketiga, pengajaran, penelitian dan publikasi yang bermutu. Keempat, program-program kemahasiswaan yang bermutu. Keempat bidang tersebut adalah modal untuk membuka program-program studi umum dengan cara bertahap dan professional.

Sidang senat terbuka ke-47 ini dihadiri oleh 9 wisudawan secara offline yaitu wisudawan berprestasi cumlaude terbaik pada fakultas & pascasarjana diantaranya Aisyah Mega Ariani dengan Indeks Prestasi 3.88 (HKI), Siti Maratus Sholihah dengan Indeks Prestasi 3.87 (PAI), Riska Amalia Sari dengan Indeks Prestasi 3,84 (AKS), Agustika Dwi Safira dengan Indeks Prestasi 3,79 (TBI), Muhammad Permadi dengan Indeks Prestasi 3,72 (MD), Bayu Setyanto dengan Indeks Prestasi 3,76 Magister Pendidikan (PAI).

Selain itu wisudawan berprestasi cumlaude & berpredikat tahfidz Al-Qur’an diantaranya, Zulfa Wahda Anindita dengan Indeks Prestasi 3,73 dari Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam, Muhammad Habib Zainul Huda dengan Indeks Prestasi 3,67 dari Fakultas Ussuluddin dan Dakwah Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, dan Muhammad Khafid dengan Indeks Prestasi 3,68 dari Fakultas Adab dan Bahasa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Jumlah Wisudawan & Magister dalam Sidang Senat ke-47 yaitu 612 Wisudawan. Dari program Pascasarjana/Magister terdapat 14 orang dan program Sarjana terdapat 598 orang.

-Fakultas Ussuluddin dan Dakwah
Prodi Ilmu Al-Qur’an & Tafsir terdapat 10 orang, Prodi Aqidah & Filsafat Islam terdapat 11 orang, Prodi Komunikasi & Penyiaran Islam terdapat 51 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam terdapat 39 orang, Prodi Manajemen Dakwah terdapat 19 orang, Prodi Tasawuf dan Psikoterapi terdapat 3 orang. Total Fakultas Ussuluddin dan Dakwah terdapat 133 orang.

-Fakultas Syariah
Prodi Hukum Ekonomi Syariah terdapat 54 orang, Hukum Keluarga Islam terdapat 24 orang, Prodi Hukum Pidana Islam terdapat 8 orang. Total Fakultas Syariah terdapat 86 orang.

-Fakultas Ilmu Tarbiyah
Prodi Pendidikan Agama Islam terdapat 50 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Arab terdapat 38 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah terdapat 14 orang, dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini terdapat 7 orang. Total Fakultas Ilmu Tarbiyah terdapat 109 orang.

-Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam
Prodi Akuntasi Syariah terdapat 52 orang, Prodi Manajemen Bisnis Syariah terdapat 81 Orang. Prodi Perbankan Syariah terdapat 39 orang. Total Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam terdapat 172 orang.

-Fakultas Adab & Bahasa
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terdapat 43 orang, Prodi Tadris Bahasa Indonesia terdapat 11 orang, Prodi Bahasa & Sastra Arab terdapat 7 orang. Dan Prodi Sejarah Peradaban Islam terdapat 18 orang. Total Fakultas Adab & Bahasa terdapat 98 orang.

-Program Pascasarjana/Magister
Prodi manajemen pendidikan Islam terdapat 2 orang, prodi pendidikan Bahasa Arab terdapat2 orang. Prodi pendidikan Agama Islam terdapat 8 orang, prodi Hukum Ekonomi Islam terdapat 2 orang.

-Wisudawan yang cumlaude terdapat 194 orang dan tahfidz Al-Qur’an terdapat 3orang.

Penulis : Nuri
Editor : Elsa
Redpel : Nurul F

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *