Perkara Covid-19: IAIN Surakarta Perpanjang Kuliah Online

Lpmlocus.or.id—Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta memperpanjang perkuliahan daring (online). Melalui surat edaran Rektor IAIN Surakarta Nomor 03 Tahun 2020 tentang Tindakan Antisipasi Pencegahan Infeksi Virus Corona (Covid-19) di Lingkungan IAIN Surakarta, maka kuliah online diperpanjang hingga akhir April mendatang. Tidak hanya itu, IAIN Surakarta juga sudah memberlakukan kebijakan partially close down atau penutupan akses kampus sebagai upaya memutus mata rata-rata penyebaran corona virus disease 19 (Covid-19) (25/3).

Proses sterilisasi kampus ini terhitung sejak tanggal 23 Maret-4 April 2020. Hal ini dibenarkan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. H. Syamsul Bakri, M. Ag. yang dihubungi Locus via Whatsapp, Selasa (25/3).

Syamsul mengatakan ini atas edaran Menteri Agama, dan mengingat Surakarta sudah dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona maka seluruh dosen, karyawan, serta mahasiswa tidak diperkenankan beraktivitas di kampus. “Ini surat edaran menteri, seluruh pelayanan online. Jadi yang off kampus itu seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa, kecuali yang ada keperluan mendesak tetap dilayani yang piket. Apalagi kampus kita yang dalam wilayah KLB.”

Selain itu, pelaksanaan wisuda IAIN Surakarta periode April ditunda sampai waktu yang akan ditetapkan. Kemudian menghentikan sementara segala kegiatan organisasi kemahasiswaan, dan mahasiswa tidak diperkenankan untuk masuk ke lingkungan kampus, kecuali memiliki kepentingan yang mendesak atau tidak dapat ditunda dan itu pun akan dilakukan pemeriksaan oleh satpam. Pun seluruh kegiatan dosen yang dilaksanakan secara daring (online) tetap dijalankan sebagaimana mestinya seperti perkuliahan, ujian akhir semester (UAS), bimbingan skripsi/tesis, serta penulisan buku daras dan penelitian.

Meskipun demikian, Syamsul menegaskan butuh kerjasama seluruh civitas academica demi kebaikan bersama. Ia juga berharap seluruh warga IAIN Surakarta sehat dan keadaan kembali normal.

Reporter : Milea Rahman
Editor : Hanum

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *