Pentingnya Menumbuhkan Semangat Literasi Sejak Dini

       Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan seperti kemampuan membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki  oleh setiap orang, yang mana kemampuan seperti itu diperoleh dari banyak banyaknya literasi pada diri sendiri. 

Perkembangan literasi pada anak berhubungan erat dengan kemampuan berbahasa ataupun berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan.

       Seiring berjalannya waktu, kemampuan literasi atau kemampuan berkomunikasi pada seorang anak akan sangat mempengaruhi perkembangan sosial, emosi dan perkembangan kognitifnya. Adapun berbagai manfaat yang akan didapatkan jika pengembangan kemampuan literasidiajarkan pada anak sejak dini, seperti hal nya anak mampu berkomunikasi dengan lingkungan sekitar dengan baik, dari situ akan tumbuh kepercayaan diri dan mampu bersosialisasi atau bisa diterima di lingkungannya, dan tentunya mempengaruhi penyesuaian sosial dan pribadi anak yang berdampak pula pada perkembangan emosi dan kognitifnya.

         Selain itu, menumbuhkan kemampuan literasi anak sejak dini juga dapat menjadi modal untuknya menghadapi dunia dimasa yang akan datang serta dapat mengembangkan kemampuan dasar anak dalam menulis, membaca, berhitung, serta dapat mempersiapkan anak dalam memasuki dunia sekolah. 

       
 Semakin tinggi kemampuan literasinya maka akan membuatnya mudah dalam menerima serta mengolah informasi yang akan membantunya dalam menyimpulkan serta memecahkan masalah dari informasi yang ia terima.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *