MUSKER 2021, UKK KSR SIAP EKSIS DI MASYARAKAT

LOCUS-Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korp Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) IAIN Surakarta mengadakan Musyawarah Kerja (Musker) pada Minggu, 14 Maret 2021. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang 102, Gedung C Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD). Musker ini dihadiri sekitar 35 orang yang terdiri dari Angkatan 5 tahun 2018, Angkatan 6 tahun 2019, Angkatan 7 tahun 2020. Musker tersebut dipimpin oleh presidium dari Angkatan 7.

Musker pada tahun ini membahas terkait program kerja untuk periode selanjutnya, meliputi agenda rutin mingguan, bulanan, dan tahunan yang akan dibahas dan disepakati bersama dalam forum. Salah satu Staf Humas KSR PMI IAIN Surakarta Nurul Mardiah menuturkan bahwa acara ini rutin diadakan setiap tahunnya. Dia juga menjelaskan bahwa ada beberapa proker dari periode 2020 yang belum terlaksana, “Untuk proker tahunan ada diklat yang sudah terlaksana, proker tahunannya ada Akar Muda, ini sejenis lomba PMR se-Jateng, namun tahun 2020 belum terlaksana karena kendala pandemi”, terangnya.

Mengenai proker bulanan ada yang terlaksana dan tidak. Proker donor darah dari periode 2020 sudah terlaksana, kemudian ada proker Pendidikan Dasar Kepalangmerahan Terpadu (PDKT), yang merupakan pelatihan dan penambahan materi untuk anggota baru. Proker lainnya adalah sosial masyarakat, seperti pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan cek kesehatan, pembagian nasi dan sembako. Namun, sangat disayangkan proker tersebut tidak dapat terlaksana karena terkendala pandemi.

Sumber dana untuk melaksanakan proker-proker KSR PMI IAIN Surakarta diperoleh dari berbagai sumber. Nurul Mardiah mengungkapkan, “Dananya ada dari KAS KSR, APBN dari rektorat, untuk acara besar biasanya juga dari sponsorship, dari donator juga. Namun, yang dari rektorat belum di-acc, jadi dari dana KAS KSR dulu”, ungkapnya.

Untuk kepengurusan UKK KSR PMI IAIN Surakarta kedepannya, Nurul berharap agar dapat berjalan dengan baik dan teteap eksis dimasyarakat. “Untuk proker kedepannya agar berjalan dengan baik, tetap eksis dimasyarakat, sosial kemanusiaan dan selalu bermanfaat”, ungkapnya.

Reporter : Yuliana Hanung, Umi Afifah

Penulis : Umi Afifah

Editor : Elsa Lailatul Marfu’ah

Redpel Online : Nurul Fatimah


 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *