Jurus Jitu Seorang Deadliner

Menjadi seorang mahasiswa memanglah jalan ninja yang tidak bisa disepelekan. Tugas-tugas bukanlah hal asing di telinga mahasiswa. Baru saja pertemuan pertama sudah menerima setumpuk tugas. Ya mau bagaimana lagi? Bukankah tugas-tugas itu yang akan membentuk pola pikir kita terhadap suatu masalah kelak?

Tak jarang beberapa dari kita memang lebih suka mengerjakan tugas saat sudah mepet dengan deadline. Mau diberi waktu satu bulan pun, mengerjakannya tetap di hari-hari mendekati deadline. Untukmu para pemburu deadline, saya punya beberapa kiat menjadi seorang deadliner.

Yang pertama, carilah waktu yang membuatmu nyaman saat mengerjakan tugas. Beberapa orang yang menyukai suasana hening, memilih waktu dini harisupaya mereka bisa fokus mengerjakan tugas-tugasnya. Tapi beberapa yang lainnya tidak memilih waktu ini, karena bangun dari tidur yang nyenyak adalah sebuah perdebatan panjang dengan kasur dan selimut hangat. Jadi, tentukan mana yang membuatmu nyaman (selain bersandar di bahunya).

Setelah menentukan waktu yang pas, selanjutnya pilihlah tempat yang cocok dengan dirimu. Bisa di kamar, perpustakaan kampus, perpustakaan kota, atau dimana pun tempat kesukaanmu. Tapi jangan sampai kamu mengerjakan tugas di kamar mandi yah.

Sebaiknya kamu mengerjakan tugas sambil duduk. Itu untuk menghindari rasa kantuk yang suka datang tiba-tiba saat tubuh mulai lengah. Jangan sampai tugas belum dilembur eh kamu malah sudah lelap tertidur.Jadi, usahakanlah jangan mengantuk, kalau mengantuk jangan tertidur. Jaga kesadaran, tapi kalau sudah lelah istirahat dulu, jangan terlalu dipaksakan.

Saat istirahat kamu boleh saja menyantap makananatau meminum segelas es untuk menyegarkan lagi pikiranmu. Buah beri-berian juga pas untuk dijadikan camilan saat mengejar deadline. Dilansir dari Health Line, buah beri mengandung antioksidan flavanoid yang membuat buah beri ini menjadi makanan yang baik untuk otak. Stroberi, blackberryblueberry,blackcurrant, mulberry, adalah beberapa contoh buah beri.

Masuk ke bagian tips yang paling penting untuk para deadliner, buatlah gambaran mengenai tugas yang akan kamu kebut. Kalau kamu memulai dari nol saat mengerjakan tugas di hari yang mendekati deadline, kamu akan keteteran saat mengerjakan. Setidaknya setelah tugas diberikan, kamu harus sudah punya gambaran tentang mau kamu bagaimanakan tugasmu. Mau diselesaikan seperti apa. Jadi kalau nanti akan mengerjakan mepet deadline tidak kehilangan acuan.

Setelah selesai memburu ide-ide untuk tugas, ingatlah untuk tetap memeriksa hasil dari jawabanmu. Kamu enggak mau kan kalau dosen memberi tugas A eh kamu malah mengerjakan B, yang ada kamu hanya dapat lelah mengerjakannya saja. Pemeriksaan ini juga berguna untuk mematangkan jawaban kamu.

Yossssshhhh! Kira-kira itu jurus yang bisa kamu coba sebagai tim deadliner. Tetap semangat mengerjakan tugas, semoga lekas usai tugas-tugas yang masih menumpuk. Jangan cemas, tetap waras, dan kerjakanlah semua tugas.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *