Jenuh gakpapa, Kalem aja

Saat ini, kuliah sudah menjadi kebutuhan baru dikalangan para golongan millenial sampai orang tua. Tahun ajaran baru, adalah waktu bagi mahasiswa baru menentukan tujuan mengikuti perkulahan. 

Beberapa ada yang konsisten dengan tujuannya, dari awal sampai selesai.

Namun tak jarang juga mahasiswa yang kehilangan arah dan tujuan ketika sampai di tengah jalan.

Awal mulai perkuliahan memang terasa menyenangkan, banyak hal baru yang didapatkan. Banyak teman baru dan juga bermacam-macam pengalaman seru. Masa-masa ini menjadi awal mula berkobarnya semangat juang bagi para mahasiswa yang seringnya masih terbilang baru. Biasanya hal ini bertahan sampai semester dua. 

Di pertengahan semester mahasiswa mulai merasakan kejenuhan, karena telah melewati serta mengorbankan banyak hal. Mengorbankan waktu, tenaga dan dana.

Nah, bagaimana sih agar kita bisa tetap bertahan dalam keadaan apapun?

Semoga tulisan ini bisa menjadi solusi saat sedang mengalami kejenuhan kita ya.

Ketika sedang berada titik terendah, ingatlah orang-orang yang menyayangimu. Orang tua, saudara, kekasih atau dirimu sendiri. Ingatkan kembali tujuan awal yang telah dibuat. Tidak masalah untuk menangis, tapi yang terpenting harus tetap berusaha. Menangis boleh, menyerah jangan ya.

Luapkan kejenuhan dengan kegiatan yang menyenangkan. Jalan-jalan salah satu caranya. Ketika dalam perjalanan kita mendapat banyak tontonan, merasakah hembusan angin, menyaksikan kendaraan berseliweran. Ketika sudah merasa baik,  kembali dan mulai berjuang lagi. 

Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya menjadikan beban, tidak menikmati proses, bahkan mengurangi rasa syukur karena merasa diri sendiri selalu kurang.

Niatkan kuliah untuk memperbaiki diri agar kedepannya menjadi lebih baik. Dengan kuliah kita mendapatkan ilmu, dengan bertambahnya ilmu yang baik diri kita pun akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Dan yang paling penting diantara semuanya adalah perbanyak berdoa dan tetap berusaha.

Itu tadi beberapa cara bertahan ketika dilanda kejenuhan dalam dunia perkuliahan, semoga bermanfaat ya. Ingat setelah kesusahan pasti akan datang kemudahan. Semangat kuliah, jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersyukur. 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *