Angkatan 6 KSR Adakan Periksa Mata Gratis

SURAKARTA- Angkatan 6 Korp Suka Rela IAIN Surakarta mengadakan acara Pemeriksaan dan Sosialisasi Kesehatan Mata dalam rangka syukuran diklat pada hari Jum’at 6 Desember 2019 di SDN 01 Pucangan, Kartasura.

Acara ini dimulai dari pukul 07.00-10.30 WIB. Selain acara inti, diadakan juga senam sehat dan permain-permainan sebagai selingan. Senam dan permainan-permainan agar acara pemeriksaan yang biasanya identik dengan menakutkan menjadi lebih menyenangkan dan kegiatan sosialisasi yang identik dengan membosankan dapat terkemas menjadi lebih seru dan menarik.

Siswa siswi antusias mengikuti senam

SDN 01 Pucangan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara ini dikarenakan tempatnya yang dekat dengan kampus juga panitia ingin membantu “tetangga” terlebih dahulu. Murid-murid antusias dan para guru pun menyambut baik acara ini karena sudah lama tidak diadakan acara seperti ini di sekolah mereka. Dari keseluruhan murid yang berjumlah 69 siswa hanya terdapat 1 murid saja yang didiagnosis mempunyai kelainan mata yaitu miopia atau yang bisa dikenal dengan penyakit minus.

“Acara ini bertujuan untuk mengetahui dan membantu anak-anak zaman sekarang tentang kesehatan mata. Kita nggak main-main dengan pemeriksaan ini, kita ambil tenaga ahli semua. Tenaganya itu dokter semua, dokter spesialis mata Dan acara ini sangat mengejutkan, kan saya pikir anak-anak zaman sekarang itu kan biasa pegang HP. Tapi di SD malah sedikit yang minus bahkan dari kelas 1-6 hanya satu yang minus, saya cukup terkejut.” Ujar M Novianto Ichsanudin selaku ketua panitia acara.

Kesehatan mata memang sering diabaikan seiring tingginya pemakaian kacamata untuk anak-anak sekolah. Maka dari itu anak-anak perlu diajari bagaimana menjaga mata apalagi ketergantungan anak dengan gawai saat ini sangat tinggi mulai untuk mengerjakan tugas sampai nge-game. Pemeriksaan mata secara dini juga perlu agar segala keluhan mata dapat segera teratasi sebelum lebih parah. Acara yang diadakan Korp Suka Rela IAIN ini perlu dikembangkan dan lebih sering diadakan. Mengadakan syukuran dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Penulis: Riyantika Rarasati,dkk.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *